Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

jam

Lencana Facebook

RSS

Kota Tarakan


Kota Tarakan merupakan sebuah kota kecil yang berada di bagian utara Kalimantan Timur. Menurut sejarah kota ini merupakan tempat pertama kalinya tentara jepang mendarat di Indonesia saat perang dunia II. Nama Tarakan sendiri diambil dari kata Tarak yang artinya bertemu dan ngakan yang artinya makan. Jadi dapat diartikan kota tarakan awalnya adalah Tempat para nelayan untuk istirahat makan, bertemu serta melakukan barter hasil tangkapan dengan nelayan lain. Selain itu Tarakan juga merupakan tempat pertemuan arus muara Sungai Kayan, Sesayap dan Malinau. Kota ini memiliki luas wilayah 657,33 km² dan sesuai dengan data Badan Kependudukan Catatatan Sipil dan Keluarga Berencana Kota Tarakan pada bulan Maret 2006 berpenduduk sebanyak 193.069 jiwa (hasil Sensus Penduduk Indonesia 2010). Tarakan atau juga dikenal sebagai Bumi Paguntaka, berada pada sebuah pulau yang terletak di utara Kalimantan Timur.



 Penduduk asli kota Tarakan adalah suku Tidung, namun sekarang ini seperti kota-kota lain di kalimantan timur banyak para pendatang yang mendiami kota ini. Ada yang dari suku bugis, jawa, sumatera dan masihh banyak lagi. Kota Tarakan memiliki Semboyan berbunyi Tarakan Kota BAIS yang bermakna Bersih, Aman, Indah, Sehat, dan Sejahtera.

Letak geografis Tarakan boleh dikatakan merupakan sebuah kota yang berbatasan langsung dengan beberapa pantai, sebelah Utara kota Tarakan berbatasan langsung dengan Pesisir Pantai Kecamatan Pulau Bunyu, sedangkan Sebelah Timur kota Tarakan berbatasan dengan Kecamatan P. Bunyu dan Laut Sulawesi. Di batas sebelah Selatan Tarakan merupakan Pesisir Pantai Kecamatan Tanjung Palas. Pesisir Pantai Kecamatan Sesayap merupakan batas paling Barat dari kota Tarakan.






Tarakan terdiri dari 4 Kecamatan dengan 22 Kelurahan yakni Kecamatan Tarakan Timur, Tarakan Utara, Tarakan Tengah dan Tarakan Barat.
Kelurahan di Kecamatan Tarakan Timur terdiri dari Kelurahan Lingkas Ujung, Gunung Lingkas, Mamburungan, Kampung Empat, Kampung Enam, Kelurahan Mamburungan Timur dan Kelurahan Pantai Amal.

Di Kecamatan Tarakan Tengah terdiri dari Kelurahan Selumit Pantai, Selumit, Sebengkok, Kelurahan Pamusian dan Kelurahan Kampung Satu Skip.


Kecamatan Tarakan Barat Terdiri dari 5 Kelurahan meliputi Karang Balik, Karang Rejo, Karang Anyar, Karang Anyar Pantai dan Karang Harapan
Khusus untuk Kecamatan Tarakan Utara hanya terdiri dari 3 Kelurahan yakni Kelurahan Juata Permai, Juata Kerikil dan Juata Laut.



Kota paguntaka ini memiliki beberapa tempat wisata menarik, diantaranya pantai amal tarakan, wisata hutan mangrove, dan pulau sadau yang merupakan bagian dari kota tarakan ini.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar